Home » » Masalah dengan Alexarank

Masalah dengan Alexarank

Blog Blogging, alexa logoBlog Blogging kali ini akan sedikit berkisah tentang masalah dengan Alexarank, yang pada dasarnya semua blogger pasti akan mengalaminya. Ranking Alexa atau Alexarank blog ini memang masih tidak terdeteksi, hal ini disebabkan karena Blog Blogging ini telah hampir dua tahun lamanya terbengkalai tanpa ada upaya update sedikitpun.

Pada artikel tentang Alexarank telah penulis ulas sedikit perihal gambaran umum Alexarank ini utamanya tentang faktor-faktor yang menjadi acuan peringkat Alexa dan sedikit ulasan tentang seluk-beluk Alexarank ini. Disamping itu telah penulis ulas pula tentang pentingnya peringkat Alexa ini untuk situs-situs atau blog yang sengaja dibuat untuk mengais rejeki.

Peringkat Alexa ini sama sekali tidak menunjukkan seberapa tinggi kualitas sebuah situs atau blog, melainkan hanya memberikan gambaran tentang seberapa banyak pengunjung blog atau situs kita serta seberapa banyak jumlah sitelinks yang telah berhasil dikumpulkan dalam suatu periode tertentu, yang berbasis pada pageviews harian sebuah situs atau blog. Dan hasil yang ditunjukkan merupakan hasil komulasi dalam tiga bulan terakhir.

Alexa Rank atau Peringkat Alexa adalah sebuah peringkat yang di buat oleh Alexa.com untuk website atau blog berdasarkan banyaknya trafik atau kunjungan terhadap website atau blog tersebut, dan data trafik atau kunjungan tersebut adalah berdasarkan informasi dari jutaan pengguna internet yang memasang Toolbar Alexa pada browser internet mereka. Dari hasil ilustrasi tersebut jelas terlihat bahwa penilaian peringkat Alexa ini sangat tergantung kepada pengunjung blog atau situs yang telah memasang Alexa Toolbar pada browser internet mereka. Artinya, meskipun sebuah situs atau blog memperoleh banyak kunjungan namun pengunjung yang datang tersebut tidak memasang Alexa Toolbar pada browser mereka, maka hal ini tidak akan banyak berpengaruh terhadap peringkat Alexa sebuah situs atau blog. Artinya peringkat Alexa situs atau blog tersebut tidak akan berubah menjadi lebih ramping.

Selain hal tersebut, ada sebagian blogger yang memiliki keyakinan bahwa peringkat Alexa akan menjadi ramping bilamana kita telah banyak membuat postingan tentang Alexa. Dalam hal ini penulis tidak yakin sama sekali, karena pengalaman penulis dalam mengelola banyak blog yang lain sama sekali tidak menunjukkan hal yang demikian. Artinya, meskipun kita telah banyak menulis tentang Alexa, namun pada kenyataannya peringkat Alexa blog kita tetap saja tidak memiliki perubahan yang signifikan atau menjadi ramping.

Salah satu faktor yang dapat kita pergunakan untuk merampingkan peringkat Alexa ini adalah dengan memperbanyak frekwensi blogwalking serta meninggalkan komentar-komentar pada situs atau blog tersebut. Namun dalam hal ini juga ada sedikit kendala, karena peringkat Alexa akan menjadi ramping bilamana saat kita meninggalkan komentar harus mempergunakan nama atau identitas blog yang kita miliki, dan hal ini (untuk saat sekarang) sangat sulit dilakukan. Satu-satunya cara yang masih efektif adalah dengan melakukan share artikel ke banyak situs-situs social-media dengan harapan akan mendapatkan banyak jumlah kunjungan.

Demikianlah sedikit uraian tentang masalah dengan Alexarank, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS