Home » » LIMA KESALAHAN BLOGGER PEMULA

LIMA KESALAHAN BLOGGER PEMULA

Blog BloggingBLOG BLOGGING kali ini akan sedikit berbagi pengetahuan perihal beberapa kesalahan blogger pemula, beberapa kesalahan blogger pemula versi BLOG BLOGGING ini lebih menitik beratkan kepada tidak adanya tujuan spesifik dalam pembuatan serta pengelolaan sebuah blog, yang pada akhirnya akan berakibat tidak adanya thema (khusus) dalam sebuah blog, sehingga pembuatan sebuah blog tersebut terkesan asal-asalan serta asal jadi saja.

Berikut ini setidaknya terdapat 5 (lima) kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula  :

1. Memulai Blog dengan tanpa memikirkan thema blog
Thema sebuah blog sangat penting dalam praktek blogging, thema blog berfungsi sebagai identitas blog kita nantinya apakah postingannya mengenai topik ini atau topik itu. Tanpa thema ibaratkan saja sebuah acara tanpa tujuan. Jadi sebelum memulai blog, kita harus memikirkan terlebih dahulu thema apa yang akan kita usung, thema apa yang mampu kita postingkan ke dalam blog  agar sebuah blog tersebut mempunyai tujuan yang pasti.

2. Kebanyakan Copy Paste Artikel Blog Lain
Ada kalanya memang kita malas untuk melakukan posting dan kepala seakan kosong dari ide untuk posting (menulis artikel), sehingga jalan keluarnya adalah copy paste artikel dari blog lain. Meskipun anda sudah menghargai pemiliknya dengan mencatumkan sumber, namun kualitas artikel anda sudah tentu akan menjadi berkurang. Karena kebanyakan copy paste, pengunjung pun akan merasa jenuh dengan postingan anda. Cobalah untuk membuat artikel karya sendiri atau setidaknya hasil copy paste yang direka ulang (restruktur) lebih dari 70%, sehingga akan sangat berbeda dengan artikel aslinya. 

3. Terlalu Banyak Posting Dalam Sehari
Kadang kala seorang blogger pemula memposting hingga 10 postingan per-harinya. Ini sangat tidak bagus terutama untuk pengunjung dan Google. Google sangat tidak suka dengan postingan yang berlebihan seperti ini. Pengunjung pun malas sehingga ia akan malas untuk berkomentar di blog anda karena saking banyaknya artikel tiap harinya. Saran saya cukup 1 posting 1 hari saja. Minimal 1 posting 1 minggu saja sudah cukup, hal ini akan berdampak baik pada Google.

4. Terobsesi dengan Widget
Banyak blogger pemula yang memulai blog dengan memasang widget-widget yang tidak penting dan tidak berguna. Menurutnya itu akan memperbagus blognya, namun ia sendiri tidak memikirkan berat load blognya (baca: Optimasi Blog) sehingga pengunjung pun malas berkunjung karena lambatnya dalam mengakses blog tersebut. 

5. Terlalu Berambisi
Beberapa blogger pemula, terkadang berharap agar bisa segera mencapai ketenaran di dunia blogging dalam sekejap. Jelas saja hal itu adalah sesuatu yang mustahil, dalam dunia blogging, ketenaran tidak diperoleh dalam satu hari. Kalau Anda menginginkan ketenaran itu, lakukan saja dengan sabar. Tentukan target yang realistis dan masuk akal. Jangan egois. Lakukan blogwalking dan tinggalkan komentar yang cukup bermutu di blog lain. Balas dengan baik email atau komentar yang masuk ke blog Anda. Toh, kota Roma juga tidak dibangun dalam sehari semalam, bukan ?

Intisari dari artikel ini adalah, kita perlu menetapkan tujuan serta thema yang spesifik sebelum memulai aktivitas di dunia blogger. Langkah berikutnya adalah perlunya kesadaran yang mendalam bahwa tidak sesuatu yang dapat terjadi secara instan, semuanya memerlukan proses serta perjuangan.

Sekian dulu postingan saya mengenai beberapa kesalahan blogger pemula ini. Semoga postingan ini dapat berguna bagi anda yang terutama ingin memulai aktivitas blogging  ataupun yang sudah lama namun belum ada perubahan. Ingat semuanya perlu proses, tidak ada hal yang serba instan. Kesuksesan bisa didapat oleh semua orang, namun cara untuk meraih sukses-lah yang membedakan diantara mereka. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS